Menu

Konsep Area Terbuka di Dapur dan Instalasi Kipas Angin Untuk Kenyamanan Dapur

Posted by agung purnama on

Di zaman serba modern seperti sekarang ini, dapur tidak hanya menjadi area di mana ibu memasak dan melakukan kegiatan rumah tangga lainnya. Kini dapur bisa dijadikan bagian rumah favorit di mana seluruh anggota keluarga berkumpul dan berbincang-bincang bersama. Bila konsep ruang terbuka digunakan maka semuanya akan serba menyenangkan, ibu bisa memasak sambil nonton tv, si kecil pun jadi tetap dalam pengawasan ibu saat ibu sibuk di dapur. Tapi bagaimana cara membuat dapur berkonsep seperti ini? Silakan simak tipsnya di bawah ini :

 Alur ruangan dibuat lebih efisien

Agar luas dapur bertambah maka sejatinya harus ada ruangan lain yang dimasukkan ke area dapur. Penggabungan ruangan tambahan ini hendaknya tidak menggunakan dinding pemisah atau sekat. Ketika anda mengaplikasikan konsep dapur terbuka maka harus memperhatikan estetika dan kenyamanan ruangan, juga kebersihannya. Karena aktivitas memasak selalu bermula dari membersihkan, lalu meracik dan kemudian memasak maka anda harus memperhitungkan jarak dari satu area ke area lainnya. Gunanya adalah agar mobilitas anda tidak terganggu saat beraktivitas di dapur. Dengan konsep ini, aktivitas didapur jadi lebih efisien. Kalaupun ruang dapur anda terlampau sempit maka pilihlah meja makan fungsional yang bisa dijadikan rak makanan, namanya meja islan.

Sekat ruangan dengan pewarnaan

Agar anda tahu batas mana untuk area memasak dan mana untuk tempat berkumpul maka harus dibuat semacam pemisah. Untuk ini anda bisa menggunakan cat dengan warna tertentu. Misalnya untuk area masak anda menandainya menggunakan warna coklat lemari makan, lantai dan lain-lain. Selain itu, anda bisa membuat pemisah ruangan menggunakan dinding kaca. Dengan pemisah ini, aroma masakan yang terlalu tajam akan dinetralisir sehingga tidak akan menyeruak ke seluruh ruangan.

Sesuaikan material yang dipilih

Pilihlah material yang sesuai untuk lantai, dinding dan sebagainya. Ini karena saat memasak biasanya ada noda yang tumpah ke lantai atau ke tembok, oleh sebab itu pilihlah material yang pas dan mudah dibersihkan. Saran kami jangan pilih bahan kayu untuk melengkapi interior dapur karena bahan ini mudah terbakar utamanya kalau dipasang bersebelahan dengan kompor.

Sesuaikan Pencahayaan

Agar aktivitas anda saat di dapur semakin menyenangkan, pasanglah pencahayaan yang memadai. Tapi akan lebih baik jika anda membuat semacam bukaan khusus di atap rumah agar cahaya alami bisa masuk ke area dapur.

Penempatan Barang

Kalau luas dapur anda kurang memadai, anda bisa melakukan penyesuaian dalam menempatkan barang-barang di dapur. Misalkan anda membedakan posisi penempatan meja kerja, kabinet atas dan bawah, dan rak dapur. Sesuaikan antara perlengkapan memasak yang disimpan di sebelah kompor. Adapun bahan makanan mulai dari bumbu-bumbu, minyak, sayuran dan lainnya disimpan di tempat penyimpanan tersendiri.

Yang terakhir adalah pemasangan kipas angin untuk kenyamanan ekstra di dapur anda. Mungkin anda tahu sendiri kalau di dapur semua aroma seperti menyatu dan udara jadi lembab. Siasati hal ini dengan memasang kipas langit-langit (ceiling fan) yang modelnya menggantung sehingga hembusan udara yang dihasilkan lebih merata. Anda bisa memilih kipas angin merk regency tipe ceiling fan yang didesain dengan style masa kini sekaligus berkualitas tinggi, sangat cocok untuk dapur anda yang modern. Pastikan dapur anda jadi tempat yang lebih menyenangkan untuk melakukan aktivitas apapun bersama keluarga tercinta dengan kehadiran kipas angin regency di kediaman anda.


Share this post



← Older Post Newer Post →


Leave a comment