Menu

Penggunaan Kipas siling untuk penyejuk ruangan

Posted by agung purnama on

Kita sudah tidak asing lagi mendengar yang namanya kipas angin. Kipas angin adalah salah satu perangkat listrik yang banyak menemani kita dalam aktivitas sehari-hari. Di musim panas ketika udara sedang terasa tidak mengenakkan dan membuat gerah, menyalakan kipas angin bisa menjadi solusi yang bagus. Saya lebih merekomendasikan penggunaan kipas angin ketimbang AC karena konsumsi listriknya yang jauh lebih kecil.

Tapi ada satu kelemahan yang tidak bisa tergantikan dari sebuah kipas angin. Kipas angin tidak bisa dipakai untuk membuat suhu ruangan turun. Penggunaan kipas angin hanya terbatas untuk menciptakan pergerakan udara saja. Dengan adanya pergerakan udara yang dikontrol ke seluruh bagian ruangan menciptakan sensasi sejuk di tubuh ketika udara di sekeliling terasa panas.

Kipas angin diciptakan dengan mekanisme kerja yang simple yaitu mengontrol arah gerakan udara ke suatu titik fokus. Cara mengaktifkannya pun sangat mudah, cukup dengan menekan tombol on/off maka kipas sudah aktif. Yang harus anda perhitungkan saat mengaktifkan sebuah kipas angin yaitu harus ada jendela supaya kinerja sebuah kipas angin bisa maksimal.

Besaran kilowatt listrik yang diperlukan kipas angin

Secara umum besaran daya listrik yang dipakai oleh sebuah kipas angin tidak besar, hanya ada di kisaran 15 sampai sekitar 60 watt per jam nya. Besaran angka daya listrik yang tertulis di label kipas angin menunjukkan kondisi maksimal di mana kipas berputar dalam kondisi normal.

Perawatan bila kipas angin rusak

Karena kipas angin bekerja dengan daya listrik maka seperti halnya perangkat listrik yang lain akan rentan terhadap kerusakan. Kinerja sebuah kipas angin dipengaruhi oleh konsumsi listrik yang diterimanya apakah berkualitas atau tidak. Kipas angin memang lebih bandel jika dibandingkan dengan perangkat elektronik lain di rumah, jarang sekali rusak. Tapi kalaupun rusak, penyebabnya seringkali karena korsleting listrik di rumah.

Membersihkan kipas angin

Kipas angin tentu harus dibersihkan karena jika dibiarkan terus bekerja akan berdebu dan menghembuskan debu itu ke perabotan lain. Cara membersihkannya sangat mudah, anda hanya tinggal menyeka debu dengan kapas atau kain halus di semua bodi kipas angin yang permukaannya berdebu. Khusus untuk bagian motornya, beri sedikit pelumas cair saja agar tidak berkarat. Itu sudah cukup.

Kenali dulu sebelum memutuskan untuk membeli kipas angin

Di atas sudah saya sampaikan bahwa kipas angin bekerja dengan satu prinsip saja yaitu mengontrol gerakan udara agar terfokus ke satu arah dan tidak bisa dipakai untuk menurunkan suhu ruangan. Instalasi sebuah kipas angin memerlukan ruang terbuka.
Antara sebuah kipas angin dengan AC jelas berbeda jauh dalam hal harga dan kinerja. Meskipun demikian, keduanya adalah alat yang bisa digunakan sebagai penyejuk udara sehingga suasana terasa lebih sejuk dan nyaman.


Share this post



← Older Post Newer Post →


Leave a comment