Menu

Cara Memperbaiki Kipas Angin

Posted by Aya Chan on

Pernahkah Anda menemui adanya kinerja kipas angin yang terasa berkurang dari biasanya? Contohnya ialah laju kipas yang semakin melambat, kipas mati nyala dan mati lagi, serta masalah lainnya. Tanda-tanda tersebut merupakan bagian dari kerusakan. Agar kinerja kipas kembali seperti sedia kaya, perlu penanganan lebih lanjut. Cara memperbaiki kipas angin tidaklah selalu sulit dan ada yang bisa dihandle sendiri.

Semakin lama masa aktif dari kipas angin entah itu pada penggunaan yang terlalu sering sampai jarang sekalipun ada resiko yang sama yakni penurunan performa. Umumnya terjadi saat usia dari kipas lebih dari setahun hingga tiga tahun. Bentuk ketidaknormalan kinerja kipas angin ada beragam, entah itu pada skala besar maupun kecil. Seperti apapun kerusakan itu, cara merawat kipas angin akan lebih bagus jika diaplikasikan dengan segera sebelum terlambat, seperti berikut:

Bagaimanakah cara memperbaiki kipas angin yang rusak itu?

Kerusakan seperti laju kipas yang kian melambat sangatlah umum. Hal ini terjadi karena as dinamo yang rusak, bisa juga pada thermostat maupun kapasitor. Cara memperbaiki kipas angin rusak tersebut ialah:

  1. Buka dan bongkar kipas angin dengan seperangkat komponen pendukung seperti solder, obeng, kunci pas dan lainnya.
  2. Lakukan pengecekan pada as dinamo, jika kotor segera bersihkan terlebih dahulu dengan bantuan bensin. Lanjut dengan menggunakan oli maupun bahan lain sebagai pelumasan.
  3. Cek bagian kapasitor dan thermostat , jika sudah tak layak, bisa diganti saja.
  4. Pasang kembali komponen kipas angin dan coba nyalakan lagi. Bila masih melambat, bisa diperiksakan ke pihak service.

Bagaimanakah cara memperbaiki kipas angin mati itu?

Kipas angin mendakak mati kemudian nyala lagi, mati lagi dan terus demikian dapat terjadi. Perlahan-lahan nantinya kipas akan mati total. Jika sudah demikian, tak perlu cemas, karena ada treatment untuk menanganinya. Cara memperbaiki kipas angin mati maupun mati total itu ialah sebagai berikut:

  1. Bongkar kipas angin dengan perangkat pendukung seperti obeng, solder dan sebagainya.
  2. Cek kondisi kabel khususnya jalur listrik AC untuk memastikan adanya goresan ataukah tidak.
  3. Cek bagian casing dinamo kipas angin, lanjut ke thermo fusenya menggunakan avometer ataupun multitester. Jika jarum berpindah ke sisi 0 ohm berarti baik-baik saja. Tetapi jika tak bergerak harus diganti karena telah rusak.
  4. Cara memperbaiki kipas angin karena mati cukup sekian. Di lanjut dengan merapikan ataupun menyusun kerangka kipas dan nyalakannya. Jika masih belum menyala, dimungkinkan adanya kerusakan yang lebih parah pada bagian dinamo yang harus diserahkan ke ahlinya.

Share this post



← Older Post Newer Post →


  • Mohon info
    Dimana tempat servise kipas angin tornado
    Sy ada 2 unit, dinamonya terbakar
    Lokasi sy di cilincing jakarta utara
    Tks

    Samsudin on

Leave a comment