Menu

Tips Mempermudah Penyimpanan Berbagai Benda di Dapur

Posted by Aya Chan on

Image may contain: indoor

Anda membutuhkan sistem penyimpanan di dapur yang efektif. Peralatan memasak, bahan masakan dan bumbu-bumbu bukan hanya harus tersimpan dengan rapi dan aman tapi juga mudah dijangkau. Bagaimana caranya? Mari kita simak bersama-sama.

Buat Rak Khusus Untuk Peralatan
Buatlah suatu rak yang akan menyimpan benda-benda sejenis sehingga anda mudah dalam mengelompokkannya. Terkumpulnya benda sejenis dalam satu tempat akan mempermudah anda dalam pencarian saat membutuhkan dan mempermudah peletakannya kembali.

Buat Sekat Laci Untuk Meletakkan Peralatan Dapur
Jangan suka menyimpan semua peralatan dapur pada satu tempat saja. Peralatan itu akan bertumpuk satu sama lain sehingga mempersulit anda ketika hendak menggunakannya. Jika anda menyimpan peralatan itu pada sebuah laci besar, buatlah sekat-sekat pada laci tersebut sehingga masing-masing kelompok peralatan dapur dapat dipisahkan.

Buat Gantungan Untuk Panci dan Wajan
Panci, wajan dan peralatan dapur lain yang sering dipakai tidak perlu disimpan dalam laci. Buatlah gantungan untuk panci dan wajan. Peralatan yang tergantung akan lebih mudah untuk digunakan dan disimpan kembali. Aktivitas memasak anda tentu akan lebih dimudahkan. Selain itu anda akan lebih menghemat tempat penyimpanan sehingga dapur anda berkesan lebih luas.

Manfaatkan Balik Pintu Lemari Dengan Memasang Hook
Jika dapur anda tidak begitu luas, anda harus bisa memanfaatkan setiap bagian untuk tempat penyimpanan. Salah satunya adalah di balik pintu lemari penyimpanan. Pasanglah hook, pengait, atau cantelan untuk menggantung peralatan masak yang kecil seperti saringan, sendok sayur dan yang lainnya.

Manfaatkan Kaleng Untuk Peralatan Makan Dan Memasak
Anda bisa memanfaatkan kaleng untuk menyimpan peralatan makan seperti sendok dan garpu pada satu tempat. Tempatkan kaleng penyimpanan itu pada tempat yang mudah dijangkau, sehingga anda dapat mengambil dan mengembalikannya dengan mudah.

Buat Rak Ambalan Untuk Menyusun Tempat Bumbu
Meskipun bumbu dan bahan masakan sudah anda simpan rapi di dalam toples, penempatan toples-toples itu juga harus anda atur dengan baik. Anda bisa membuat rak ambalan pada salah satu bidang dinding dapur yang terbuka. Manfaatkan papan atau triplek bekas yang tidak terpakai, rapikan, dan pasang di dinding dengan bantuan siku penyangga.


Share this post



← Older Post Newer Post →


Leave a comment