Menu

5 Jenis Limbah Elektronik Ini Punya Kandungan Emas Lho

Posted by Aya Chan on

 

Elektronik yang memiliki kandungan lapisan emas, seperti pada komputer, handphone, prosesor, ram, mother board/main board, hard disk, kartu chip, memori dan masih banyak komponen lainnya yang memiliki kandungan emas, seperti panel listrik, peralatan komunikasi dan elektronik lain. Emas dan perak mempunyai penghantar listrik yang sangat baik sehingga banyak dipakai untuk melapisi konektor-konektor pada perangkat elektronk.

Emas digunakan untuk melapisi bagian-bagian tertentu dari komponen elektronika seperti finger, konektor dan lain sebagainya. Beberapa komponen yang disebutkan diatas beberapa bagiannya memang harus terbuat dari emas, karena hanya emas lah yang mampu menghantarkan arus listrik nyaris tanpa hambatan atau disebut juga zero resistensi. Inilah alat-alat yang mengandung emas :

1.Motherboard 

Didalam motherboard tersebut pasti anda melihat ada sircuit-sircuit yang berwarna keemasan dan pin-pin pada konektor, semua itu bukanlah tembaga melainkan tembaga berlapiskan emas. Pasti anda bertanya mengapa komponen motherboard tersebut harus dilapisi emas . Jawabanya sederhana yaitu hanya untuk mencegah korosi pada sircuit yang dapat mengakibatkan konsleting sehingga dapat merusak computer atau alat elektronik.

2.Processor

Selanjutnya adalah processor yaitu otak dari komputer yang terdapat dibawah fan yang tertanam pada moteherboard,jika tidak ada processor komputer tidak akan di gunakan,logam mulia yang terdapat pada komponen ini adalah lapisan emas dan pada kaki bagian bawah processor. kandungan emas paling banyak dibandingkan bagian lain.

3.RAM

Semua jenis RAM biasanya memiliki kandungan emas, pada kaki yang menempel langsung pada motherboard kandungan emas tersebut banyak ditemukan pada komponen komputer pentium 1 hingga 2. 

4.VGA

Letak emas pada kartu VGA yaitu sama dengan RAM yang terletak pada kaki karena emas pada kaki VGA menghantarkan listrik yang bagus dan cepat.

5.Sound Card

Sound card biasanya terdapat dalam komputer pentium 1-2 dan emasnya berada pada IC karena listrik pada IC menhantarkan emas yang sangat baik ke semua alat pada komputer.


Share this post



← Older Post Newer Post →


Leave a comment